10 Emulator Android Terbaik untuk PC & Laptop

  • 6 min read
  • Jan 25, 2021
Emulator NoxPlayer

Emulator Android Terbaik – Game mobile seperti PUBG, Mobile Legends, Free Fire, Call of Duty Mobile, Among Us dan Genshin Impact menjadi cukup populer, dalam beberapa hal langsung bersaing dengan popularitas game desktop lainnya.

Namun, tidak semua orang memiliki peralatan yang cukup kuat untuk memainkan game berat tersebut pada PC mereka. Beberapa orang ingin merasakan permainan di layar yang lebih besar. Apa pun alasannya, Anda dapat menikmati game seluler langsung di PC dengan emulator Android terbaik yang ringan.

Berhubung emulator Android bisa digunakan untuk berbagai keperluan, pada artikel kali ini kami hanya memberikan daftar emulator Android terbaik untuk gaming.

Beberapa Persyaratan untuk Menjalankan Emulator Android pada Sistem

Sebelum Anda memulai, Anda harus mengetahui tentang persyaratan sistem untuk menginstal emulator Android. Persyaratan minimum ini akan membantu komputer Anda menjalankan emulator Android.

  • Sistem Operasi: Windows 7 / Windows 8 / Windows 8.1 / Windows 10
  • Prosesor: Semua prosesor Intel atau AMD dual-core.
  • Memori: RAM 2GB
  • Kapasitas: Hard drive dengan ruang kosong 8GB atau lebih
  • Video: OpenGL 2.0

Untuk memainkan beberapa game dengan persyaratan grafis tinggi seperti PUBG Mobile atau Genshin Impact, Anda membutuhkan PC yang kuat. Berikut adalah beberapa persyaratan untuk jenis komputer tersebut.

  • Sistem Operasi: Windows 10
  • Prosesor: Semua prosesor Intel atau AMD multi-core yang mendukung teknologi virtual Intel VT-x atau AMD-V
  • Memori: RAM 8GB
  • Kapasitas: Hard drive dengan ruang kosong 16GB atau lebih
  • Video: OpenGL 4.5 atau lebih tinggi

 

10 Emulator Android Terbaik Untuk Windows

Emulator LDPlayer

LDPlayer adalah emulator Android untuk para gamer, menjalankan Android Nougat 7.1. LDPlayer cukup cepat, stabil, built-in Google Play Store, dapat membuka banyak jendela untuk menjalankan banyak aplikasi, game pada saat bersamaan. Emulator ini memiliki sejumlah fitur berorientasi gamer kasual, termasuk kontrol pemetaan keyboard yang baik, multi-versi, makro, FPS tinggi, dan dukungan grafis.

Emulator LDPlayer

LDPlayer adalah salah satu dari sedikit emulator yang menerima pembaruan hampir setiap bulannya. Ini mendukung berbagai macam permainan, termasuk Garena Free Fire, League of Legends, JX1 EfunVn, dan banyak lagi. Pada versi terbarunya, LDPlayer telah mengoptimalkan performa Free Fire untuk mempermudah pengambilan gambar headshot, yang membuatnya semakin populer di kalangan pemain Free Fire.

LDPlayer memiliki 3 versi untuk komputer dengan konfigurasi yang berbeda yaitu versi 3.0 dan 4.0 dan versi 4.0 64bit, jika komputer Anda agak lemah, maka LDPlayer 3.0 akan lebih cocok, jika komputer Anda kuat, maka LDPlayer 4.0 memiliki pengalaman yang baik. . Secara umum, baik lemah atau kuat, LDPlayer memiliki support yang baik.

Emulator NoxPlayer

NoxPlayer dinilai sebagai salah satu emulator terbaik di PC untuk platform Android dan MacOS yang ada di pasaran saat ini. Diluncurkan ke pasar Vietnam selama lebih dari 5 tahun, NoxPlayer adalah nama yang sangat dikenal oleh komunitas game veteran. Nox telah menerima kepercayaan dan apresiasi dari pengguna untuk stabilitas, keamanan, banyak fitur yang berguna dan terutama kecepatan dan kompatibilitas dengan semua game.

Emulator NoxPlayer

NoxPlayer memiliki utilitas khusus dan fitur tambahan yang membantu gamer mengontrol game dengan lebih nyaman dan mudah. Secara spesifik, Nox cukup fokus pada optimalisasi fitur untuk emulator, terutama fitur Keyboard Control (Keyset) dari emulator ini yang memungkinkan pengaturan keyboard untuk setiap game, dukungan kontrol dan emulasi. Semua operasi game pada ponsel pintar (seperti press dan tahan, usap, seret, perbesar / perkecil layar …) secara fleksibel dan mudah melalui keyboard dan mouse komputer.

Multidriver Multidriver mendukung permainan beberapa jendela emulator secara bersamaan, juga kompatibel dengan aplikasi yang mendukung crash untuk game seperti SmartPK, Auto Super dan lain sebagainya, ini sangat berguna bagi Anda saat memainkan game, keserbagunaan dan kegunaan dalam Keyset dan Multitasking adalah keunggulan Nox dibandingkan dengan emulator lain.

Bilah alat di sisi kanan emulator Nox memungkinkan berbagai fitur berguna saat bermain game seperti tangkapan layar; merekam video saat bermain game; fitur Macro Operations Assistant menangkap berbagai operasi kompleks dan kemudian secara otomatis menjalankan skrip; mendukung operasi sinkronisasi antara jendela emulator; instal / ekspor file APK antara PC dan emulator. Ini menghadirkan lebih banyak kesenangan bagi pecinta game Android. Nox melakukan tugasnya dengan sangat baik dan semuanya diberikan secara gratis.

Saat ini NoxPlayer didukung dengan baik pada dua platform yaitu Android 4/5/7 dan Mac OS, selain itu Nox juga telah meluncurkan versi emulator 64 bit untuk setiap konfigurasi komputer dan setiap game. Selain karena Nox menghadirkan stock versi Android, selain kemampuan untuk bermain game, emulator Android ini juga menjadi alat yang berguna untuk menguji aplikasi terprogram untuk Android, Anda juga dapat menginstal aplikasi lain dari Google Play Store.

Emulator BlueStacks

Bluestacks adalah nama yang paling terkenal di jajaran emulator Android, tidak hanya di Windows tetapi juga di Mac. Secara keseluruhan, Bluestacks adalah aplikasi yang cepat, stabil, dan berfungsi dengan baik dengan banyak fitur modern. Dan selalu mendukung versi Android terbaru, toko aplikasi Google Play Store yang sudah diinstal sebelumnya, mendukung penginstalan lebih banyak game dari sumber eksternal, pemetaan keyboard, fitur goyang layar, lokasi, streaming game langsung ke Facebook, mendukung full- tampilan layar, diperbarui secara berkala untuk meningkatkan kinerja dan memperbaiki bug.

Emulator BlueStacks

Khususnya di Bluestacks 4 yang dirilis pada tahun 2018, pengguna dapat memainkan banyak game dalam waktu yang bersamaan (atau memainkan game yang sama berkali-kali) berkat kemampuan untuk membuka banyak sesi Bluestacks.

Karena fitur premiumnya, Bluestacks adalah emulator Android terberat dalam daftar. Jika Anda menggunakan komputer dengan konfigurasi tinggi, BlueStacks juga “menangkap” pengguna untuk menonton iklan sehingga mereka dapat mengunduh game dan sering mengalami kesalahan kecil.

Persyaratan konfigurasi untuk Bluestacks 4:

  • Sistem Operasi: Windows 7 ke atas, lebih disukai Windows 10
  • Prosesor: Intel atau AMD, lebih disukai chip multithread dengan skor Single Thread PassMark> 1000 dan virtualisasi diaktifkan di BIOS
  • RAM: Memiliki minimal RAM 2GB. Saya rasa tempat ini membutuhkan sedikit penjelasan, RAM 2GB ini adalah 2GB RAM yang tersedia hanya untuk menjalankan Bluestacks, bukan jumlah total RAM yang Anda miliki di komputer Anda. Maka setidaknya komputer Anda harus memiliki RAM 4GB untuk menginstal perangkat lunak. Namun disarankan memiliki RAM 8GB atau lebih agar lancar.
  • Hard drive: ruang kosong 4GB, drive SSD lebih baik.
  • Kartu Grafis: Kartu perusahaan mana pun baik-baik saja, tetapi skor PassMark minimum 750.
  • Memiliki hak admin untuk menginstal dan menjalankan perangkat lunak, Internet broadband.
  • Perbarui driver grafis terbaru untuk komputer.

Sisa software yang ada dalam daftar hanya membutuhkan RAM 4GB atau lebih untuk menggunakannya juga oke, kalau mau lebih lancar, RAM 6GB sudah cukup.

Emulator MEmu

Emulator MEmu

MEmu adalah nama yang muncul ketika datang ke daftar emulator Android terbaik. Ini membanggakan kompatibilitas penuh dengan chip prosesor Intel dan AMD, versi terbarunya memperbarui Android ke 5.0 Loillipop, membantu Anda merasakan aplikasi terbaru tanpa dukungan untuk sesi, versi Android yang lebih lama. MEmu hadir dengan kapabilitas root serta toolbar lengkap dengan banyak fungsi.

Emulator TGB atau GameLoop

Jika sobat penggemar PUBG Mobile, PUBG Mobile sudah tidak asing lagi dengan Tencent Gaming Buddy atau TGB yang belakangan ini berganti nama menjadi GameLoop. Emulator ini awalnya dibuat untuk memainkan game seluler Tencent di komputer. Belakangan, TGB dikembangkan menjadi emulator game Android di komputer. Poin terkuat dari TGB adalah sangat ringan (hanya 10MB), berjalan sangat lancar dan tidak menghabiskan sumber daya komputer, tidak memerlukan konfigurasi yang buruk seperti BlueStacks. Game seluler terpanas saat ini dapat diinstal di emulator ini, seperti PUBG (versi iternasional), League of Legends, Free Fire, dan game lainnya. Dan karena hanya berfokus pada emulasi game, TGB melakukan tugasnya dengan cukup baik. Banyak game populer bawaan, Anda hanya perlu menginstal dari antarmuka TGB. Dengan game-game yang tersedia TGB juga mengoptimalkan tombol-tombol untuk para gamers, Anda tidak perlu menginstall apapun melainkan bisa langsung bermain dengan keyboard, mouse. TGB sepenuhnya gratis untuk diunduh dan digunakan, tanpa iklan.

Emulator GameLoop

Kekurangan dari Emulator TGB adalah tidak adanya integrasi Google Play Store, namun, Anda dapat menginstal file .apk ke dalam TGB dengan sangat mudah. Antarmuka default TGB adalah bahasa Inggris, tetapi mengubah bahasa TGB ke bahasa lainnya juga sangat sederhana.

Emulator KoPlayer

KoPlayer, seperti AMIDuOS, adalah emulator Android baru di Windows. KoPlayer menargetkan pengguna yang merupakan gamer. Ini memiliki 2 mode: Kecepatan (kecepatan) dan Kompatibilitas (kompatibel). Jika ingin memaksimalkan performa gaming sebaiknya memilih mode Speed, namun jika kapasitas perangkat tidak cukup, Anda bisa memilih mode lain untuk pengalaman yang lebih baik. Anda dapat menggunakan fitur pemetaan keyboard untuk mensetting pengontrol game dengan keyboard komputer. Pemain juga dapat merekam permainan dan mengunggahnya ke situs web berbagi video apa pun. Pemasangannya sederhana, bekerja dengan baik dan mudah digunakan. Selain bermain game, KoPlayer juga dapat menjalankan banyak aplikasi Android lainnya dan banyak jenis file APK tersedia di situs web untuk diunduh.

Emulator KoPlayer

Kekurangan dari Emulator KoPlayer adalah beberapa pengguna masih melihat aplikasi macet dan terkadang tertinggal dalam mode Kompatibilitas.

Emulator AMIDuOS

Emulator AMIDuOS

AMIDuOS adalah emulator Android yang relatif baru di Windows. Muncul dalam dua versi, Lollipop ($ 10) dan Jelly Bean ($ 15). Anda hanya membayar biaya satu kali untuk menggunakan produk seumur hidup. AMIDuOS berjalan dengan sangat baik. Emulator ini bekerja dengan lancar, bekerja secara efisien, dan bermain game juga bagus. Sebagian besar pengguna dapat menggunakan AMIDuOS untuk melakukan hal-hal seperti yang mereka lakukan pada ponsel. Meski tidak dapat memenuhi permintaan pengembang aplikasi di ponsel, AMIDuOS dapat memuaskan pengguna Android level pemula berkat fitur dan kinerjanya yang baik.

Emulator Genymotion

Emulator Genymotion

Emulator ini ditujukan untuk developer yang ingin menguji aplikasi dan game mereka di berbagai perangkat Android. Emulator dapat dikonfigurasi untuk beberapa perangkat dengan versi Android yang berbeda agar sesuai dengan kebutuhan pengujian. Misalnya, jalankan Nexus One dengan Android 4.2 atau Nexus 6 dengan Android 6.0. Anda bebas memilih dan dapat dengan mudah beralih antar perangkat. Karena proses instalasi dan konfigurasinya sedikit lebih rumit daripada emulator lainnya, Genymotion tidak cocok untuk pengguna biasa, menggunakan emulator hanya untuk memeriksa email, bermain game. Tetapi Genymotion menawarkan layanan gratis untuk penggunaan pribadi, jadi jika Anda mau, Anda masih dapat menggunakan perangkat lunak ini.

Emulator Jar of Beans

Emulator Jar of Beans

Perangkat lunak emulator Android ini sangat dihargai karena kemampuannya menangani game, aplikasi dengan grafis yang burukJar of Beans tidak memerlukan instalasi, mendukung manajer akselerasi perangkat keras untuk meningkatkan kinerja secara keseluruhan. Meskipun antarmuka asli Jar of Beans mungkin membuat pengguna baru merasa sedikit kesulitan, tetapi hanya perlu satu klik untuk beralih ke antarmuka Android.

Emulator Remix OS Player

Emulator Remix OS Player

Remix OS Player atau hanya Remix OS, yang dikembangkan oleh Jide, juga merupakan salah satu emulator baru dari emulator Android di komputer. Ini adalah satu-satunya emulator yang menjalankan Android Marshmallow, bukan Android Lollipop atau Kit Kat. Pemasangannya sederhana dan mudah digunakan. Ini dirancang untuk bermain game, jadi Anda akan memiliki banyak opsi untuk menyesuaikan pengalaman bermain game sesuai keinginan Anda. Sayangnya, saat ini Remix OS hanya mendukung prosesor AMD.

Emulator Droid4X atau Android4X

Emulator Droid4X atau Android4X

Droid4X pernah menjadi emulator Android berperingkat tinggi, yang tidak memerlukan konfigurasi komputer yang terlalu tinggi untuk dapat digunakan. Namun saat ini emulator ini sudah dihentikan produksinya, hanya mendukung Android versi lama dan jumlah aplikasinya cukup sedikit. Meskipun Google Play Store sudah terintegrasi, namun karena versi Androidnya cukup rendah, tidak memungkinkan untuk mengunduh game dan aplikasi yang membutuhkan OS Android tinggi. Namun, game dan aplikasi yang masih mendukung sistem operasi Android rendah tetap berjalan sangat “bon” di emulator ini.

Dari 10 emulator terbaik Android di atas mungkin dapat memberi Anda petunjuk untuk menggunakan emulator yang mana, beragam emulator mulai dari emulator android yang ringan hingga yang berat tentunya memiliki fitur menarik tersendiri.

Post Terkait :

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *