8 Cara Mempercepat Koneksi Internet dengan Regedit di Windows 10

Total
0
Shares
8 Cara Mempercepat Koneksi Internet dengan Regedit di Windows 10

8 Cara Mempercepat Koneksi Internet dengan Regedit di Windows 10 – Ada banyak software yang menjanjikan untuk memberi Anda fungsionalitas jaringan yang lebih baik dan kecepatan Internet yang sangat tinggi. Biasanya, aplikasi ini hanyalah antarmuka yang menarik perhatian dan tidak menawarkan manfaat praktis. Beberapa dari opsi ini bahkan mungkin malware. Untuk mempercepat koneksi internet cukup simpel berikut beberapa Cara Mempercepat Koneksi Internet melalui Regedit di Windows 10 tanpa harus menggunakan software tambahan.

Peringatan:

Semua modifikasi di bawah ini terkait dengan pengeditan registry. Oleh karena itu, Anda harus berhati-hati dan membuat cadangan registry Anda sebelum melakukan modifikasi apa pun yang disebutkan di bawah ini. Penghapusan dan modifikasi yang tidak disengaja dapat merusak fungsionalitas komputer. Sebaiknya buat cadangan registry sebelum melanjutkan, untuk mengantisipasi hal-hal yang tidak di inginkan.

8 Cara Mempercepat Koneksi Internet dengan Regedit di Windows 10 :

1. IRPStackSize

IRPStackSize (I / O Request Packet Stack Size) menunjukkan jumlah buffer penerima 36-byte yang dapat digunakan komputer secara bersamaan. Ini memungkinkan komputer menerima lebih banyak data pada saat yang bersamaan. Jika Anda memiliki koneksi Internet yang cepat (lebih dari 10Mb / s), Anda akan mendapatkan keuntungan dari ini. Pada koneksi Internet yang lambat, Anda mungkin tidak melihat perbedaan sekecil apa pun, jadi abaikan ini.

Sistem biasanya mengalokasikan 15 IRP dalam tumpukan jaringannya. Biasanya Anda akan mendapatkan lebih banyak keuntungan dengan 32 IRP, meskipun Anda dapat mengkonfigurasi hingga 50 IRP. Mari kita coba dulu level 32 IRP.

Berikut adalah kode di registry:

HKEY_LOCAL_MACHINE\SYSTEM\CurrentControlSet\Services\LanmanServer\Parameters

Cara Mempercepat Jaringan Internet Melalui Regedit

Tambahkan “IRPStackSize” sebagai nilai DWORD di sisi kanan jendela regedit dan ubah nilainya menjadi 32.

2. SizReqBuf

SizReqBuf mewakili ukuran buffer penerimaan mentah di lingkungan host. Artinya, ini memengaruhi kemampuan Anda untuk menghosting konten tertentu di lingkungan latensi tinggi. Katakanlah Anda meng-host server game dan banyak orang mengeluh tentang latensi. Mengubah nilai ini akan membantu mengurangi dampak latensi. Anda juga akan mendapatkan keuntungan jika Anda menghosting situs web atau layanan lainnya, termasuk pengiriman file melalui instant messenger atau Neo Modus Direct Connect.

Sistem biasanya menetapkan buffer ini pada 16384 byte. Untuk sebagian besar server, ini cukup efektif, tetapi terkadang Anda memiliki sedikit memori dan tidak dapat mengikuti volume permintaan yang tinggi.

Berikut adalah kode di registry:

HKEY_LOCAL_MACHINE\SYSTEM\CurrentControlSet\Services\LanmanServer\Parameters

Tambahkan “SizReqBuf” sebagai nilai DWORD di sisi kanan jendela regedit. Jika Anda memiliki server dengan memori fisik lebih dari 512MB, ubah nilainya menjadi 17424. Jika Anda memiliki memori kurang dari 512MB Anda harus mempertimbangkan untuk membeli komputer baru, tetapi Anda dapat mengubah nilai ini menjadi 4356 untuk sementara.

3. DefaultTTL

Time to Live (TTL) memberi tahu router berapa lama paket akan bertahan untuk pengiriman, sebelum menyerah dan membuang paket. Ketika nilai ini disetel ke tinggi, komputer menghabiskan lebih banyak waktu menunggu paket tidak dikirimkan, secara efektif mengurangi produktivitas dalam jaringan.

Jika tidak ada nilai yang ditetapkan, Windows akan menunggu 128 detik sebelum menyelesaikan. Hal ini membuat komputer Anda sangat lambat, jika Anda sedang mengerjakan sesuatu dan koneksi Anda ke server tiba-tiba macet.

Berikut adalah kode di registry

HKEY_LOCAL_MACHINE\SYSTEM\CurrentControlSet\Services\Tcpip\Parameters

Tambahkan “DefaultTTL” sebagai nilai DWORD di kunci “Parameters”. Tetapkan nilai ke angka apa pun antara 1 dan 255 . Nilai terbaik adalah 64 , meskipun Anda dapat menetapkan nilai yang lebih rendah jika Anda ingin paket dibatalkan lebih cepat.

4. Tcp1323Opts

Tcp1323Opts memungkinkan Anda menggunakan RFC 1323, yang disebut “Ekstensi TCP untuk Kinerja Tinggi” dalam tiga cara. Hal ini memungkinkan koneksi TCP untuk menegosiasikan ukuran jendela terima dengan server, memungkinkan komputer untuk menentukan jendela terima hingga 1GB.

Arahkan ke lokasi berikut di registry

HKEY_LOCAL_MACHINE\SYSTEM\CurrentControlSet\Services\Tcpip\Parameters

Cara Mempercepat Jaringan Internet Melalui Regedit

Anda harus melihat TCP1323Opts sebagai nilai “DWORD” di sisi kanan Editor Registri. (Buat jika Anda belum melakukannya). Klik kanan padanya dan ubah nilai ini menjadi “1”.

5. MaxFreeTcbs

MaxFreeTcbs adalah nilai yang rapuh. Ini menentukan jumlah koneksi TCP aktif yang dapat diproses komputer pada saat tertentu berdasarkan jumlah memori fisik yang Anda miliki dan kinerja komputer relatif terhadap bandwidth.

Jika angkanya terlalu tinggi, komputer mungkin tidak dapat memproses transaksi TCP dengan benar karena tingginya jumlah koneksi aktif yang berkomunikasi dengan komputer pada saat yang bersamaan. Namun, jika angkanya terlalu rendah, Anda tidak dapat menjadi tuan rumah atau memerlukan koneksi sebanyak yang Anda inginkan. Meskipun pengaturan ditentukan secara sewenang-wenang, Anda mungkin ingin menambah jumlahnya saat memutakhirkan perangkat keras atau koneksi Internet Anda.

Untuk sampai ke lokasi nilai ini, akses berikut di registry:

HKEY_LOCAL_MACHINE\SYSTEM\CurrentControlSet\Services\Tcpip\Parameters

Buat atau edit “MaxFreeTcbs” dan setel nilainya ke 65536. Jika Anda menggunakan komputer lama dengan perangkat keras berkinerja rendah, Anda dapat menyetel nilai ini ke angka yang lebih rendah, seperti 16000.

6. MaxUserPort

Saat aplikasi memerlukan port yang tersedia untuk dibuka dari Windows, sistem operasi memilih port dari 1024 ke level maksimum yang ditentukan yang disebut “MaxUserPort”. Sebuah port di komputer Anda memungkinkan Anda untuk membuat koneksi TCP / UDP melalui Internet dan di jaringan area lokal Anda .

Apa yang terjadi jika Anda membuka lebih banyak opsi untuk program yang mencari porta? Jawabannya adalah mereka menemukan port jauh lebih cepat.

Windows menetapkan nilai ini ke 5000 secara default, tetapi Anda dapat mengaturnya untuk nomor apa pun antara 5000 dan 65534.

Lokasi “MaxUserPort” harus berada di registry berikut ini:

HKEY_LOCAL_MACHINE\SYSTEM\CurrentControlSet\Services\Tcpip\Parameters

Buat nilai yang disebut “MaxUserPort” dan setel ke 65534. Selesai !

7. GlobalMaxTcpWindowSize

Nilai ini memiliki nama yang panjang, tetapi Anda tidak akan menyesal memodifikasinya jika Anda memiliki koneksi Internet yang cepat (10 Mb / s atau lebih) dan sering harus mengunggah konten. Nilai ini mewakili jumlah data yang dapat dikirim dari komputer Anda tanpa menerima paket konfirmasi (ACK).

Setiap kali Anda mengirim sejumlah kecil data di Internet , komputer Anda harus menunggu paket ini, yang akan memberi tahu awal jaringan bahwa “Semuanya baik-baik saja! Kirim lebih banyak! “Terkadang, karena latensi, ini mungkin tidak ideal. Jadi, Anda dapat mengubah nilai ini untuk memungkinkan lebih banyak data dikirim tanpa menunggu paket tiba.

Buat DWORD bernama “GlobalMaxTcpWindowSize” di registry berikut ini:

HKEY_LOCAL_MACHINE\SYSTEM\CurrentControlSet\Services\Tcpip\Parameters

Setel nilainya menjadi 65535 dan selesai! Ini akan memungkinkan komputer mengirim 64 kilobyte tanpa menunggu konfirmasi. Jika Anda merasa kecepatan berkurang setelah memodifikasi, hapus nilainya atau coba naikkan sedikit menjadi 128 kilobyte (dengan menyetel nilainya ke 131072 ).

8. MTU

MTU memengaruhi kecepatan hulu lebih dari kecepatan hilir, tetapi yang tak kalah pentingnya adalah kecepatan hulu, memastikan bahwa potongan data yang lebih besar dikirim pada waktu yang sama. Meskipun nomor ini biasanya diatur secara otomatis oleh kartu jaringan, Anda dapat menyesuaikannya berdasarkan kecepatan koneksi Internet Anda.

Menyetel nilai ini sulit. Anda harus terlebih dahulu mengetahui nilai MTU optimal Anda, yang tidak memerlukan fragmentasi paket karena batasan kecepatan koneksi Internet.

Anda dapat melakukan ini dengan membuka Command Prompt dan mengetik yang berikut ini:

ping -f -l <mtu> <your gateway>

Ganti “<mtu>” dengan nomor antara 88 dan 4294967295. Ganti “<gateway Anda>” dengan port yang digunakan adaptor jaringan untuk menyambung ke Internet. Jika Anda tidak mengetahui port Anda, masukkan ipconfig di baris perintah untuk menemukan nilainya di “Default Gateway” , ditampilkan di bawah adaptor jaringan yang Anda gunakan untuk Internet.

Cara Mempercepat Jaringan Internet Melalui Regedit

Saat Anda melakukan ping, Anda akan tahu bahwa Anda telah mencapai angka yang terlalu tinggi ketika responsnya memiliki pesan berikut: Paket perlu difragmentasi tetapi DF disetel .

Selama Anda memilih salah satu yang tidak memerlukan fragmentasi paket, semuanya akan baik-baik saja. Pilih angka setinggi mungkin tanpa fragmentasi paket, dan Anda akan mendapatkan MTU yang paling optimal.

Sekarang, untuk mengatur nomor ini, pergi ke jalur berikut di registry:

HKEY_LOCAL_MACHINE\SYSTEM\CurrentControlSet\Services\Tcpip\Parameters\Interfaces\Interface ID

Lihat gambar di atas untuk contoh cara menemukan antarmuka jaringan utama Anda. Mungkin ada antarmuka jaringan lain yang diinstal di komputer, terutama saat Anda menggunakannya sebagai router.

Ganti “ID Antarmuka” dengan GUID untuk antarmuka jaringan Anda. Cukup telusuri GUID berbeda yang ditampilkan di “Antarmuka” dan lihat informasi di sisi kanan jendela regedit untuk melihat apakah cocok dengan detail antarmuka jaringan yang Anda gunakan untuk menyambung ke web.

Saat Anda masuk ke antarmuka itu, tambahkan “MTU” sebagai DWORD dan setel ke nomor yang Anda dapatkan saat Anda melakukan ping ke gateway.

Sekian 8 Cara Mempercepat Koneksi Internet dengan Regedit di Windows 10 yang dapat Anda coba.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You May Also Like