Cara Backup Seluruh Kontak Android Tanpa Aplikasi

6

Cara Backup Seluruh Kontak Android – Melakukan backup kontak pada hp android sangat diperlukan, walaupun selalu dianggap hal yang sepeleh bagi orang lain. Dengan membackup konrak Hp maka kamu tidak perlu takut kehilangan data kontak pada hp yang tanpa sengaja terhapus. Atau pada saat kamu ingin mengganti HP ke HP baru maka membackup kontak sangat diperlukan agar tidak susah payah untuk mencatat nomor kontak satu-persatu.

Berbeda jika kamu belum pernah membackup data kontak sama sekali. Jika data kontak tersebut hilang atau terhapus maka tidak ada harapan lagi untuk bisa mengembalikannya. Apalagi jika kontak yang tersimpan merupakan nomor-nomor penting, pasti bakal menjadi bencana paling buruk. Walau begitu, tidak banyak pengguna yang tahu bagaimana cara backup semua kontak di HP android tersebut. Tidak perlu khawatir, berikut ini sudah kami rangkumkan langkah-langkah mudahnya untuk kalian terapkan.

Cara Backup Kontak di HP Android Paling Mudah :

Untuk membackup kontak di HP android kamu kami memberikan dua metode yang bisa kamu pilih salah satunya, yakni menggunakan bantuan aplikasi atau bisa juga tanpa aplikasi apapun.

 

Backup kontak di Android tanpa aplikasi :

Cara yang pertama ini tidak membutuhkan bantuan aplikasi apapun sehingga akan lebih mudah untuk diterapkan. Untuk metode ini Kamu akan menyimpan file backup kontak ke memori internal, microSD ataupun ke kartu SIM. Jika sewaktu-waktu kontak di HP Android hilang atau Kamu mengganti HP baru, maka file backup kontak ini bisa dimasukkan kembali.

  • Buka menu Kontak yang ada di HP android Anda.
  • Disini Anda akan melihat list kontak yang tersimpan di HP. Klik tiga garis horizontal yang ada di pojok kanan atas, lalu pilih opsi Kelola Kontak.
  • Selanjutnya pilih opsi Impor/ekspor kontak untuk mulai membackup kontak ke lokasi yang ditentukan sebelumnya.
  • Klik tombol Ekspor. Sekarang Kamu pilih tempat untuk menyimpan file backup kontak HP. Ada 3 pilihan yakni ekspor ke Memori internal, kartu SD dan juga kartu SIM.
  • Jika sudah memilih, lanjutkan dengan klik tombol Ekspor. Tunggu proses ekspor kontak hingga selesai.
  • Selesai. Secara otomatis file backup kontak sudah berhasil dibuat dan tersimpan langsung di tempat penyimpanan yang Anda pilih tadi. Biasanya file backup kontak ini berjudul Kontak.vcf.

Backup Kontak di Android dengan Aplikasi Tambahan :

Cara kedua ini merupakan alternatif jika di HP android Kamu tidak tersedia menu kontak dari Google. Seperti yang kita tahu, beberapa ponsel menggunakan ROM android yang sudah dimodifikasi.

Hal ini tentu membuatnya tidak dibekali dengan menu kontak Google. Meskipun beberapa pabrikan juga sudah membekali fitur backup kontak ini, namun tidak semuanya menyematkan fitur tersebut.

Salah satu aplikasi backup kontak yang paling direkomendasikan dan banyak digunakan adalah Backup Contacts selengkapnya, sebagai berikut:

  • Langkah yang pertama download dan install aplikasi Backup Contacts, kemudian jalankan aplikasi tersebut.
  • Pada halaman utama aplikasi, klik menu BACKUP.
  • Selanjutnya akan diminta untuk memilih tempat penyimpanan file backup kontak. Pilih Device Memory untuk menyimpan file backup kontak ke memori internal.
  • Selain itu, pilih juga format file backup. Di sini Kamu bisa memilih format VCF, lalu klik BACKUP.
  • Tunggu beberapa saat hingga proses backup kontak selesai, maka secara otomatis file backup kontak sudah berhasil dibuat dan tersimpan pada memori internal.

Akhir Kata :

File backup yang sudah dibuat tanpa aplikasi tadi nantinya bisa kamu impor jika dibutuhkan. Caranya hampir sama, yang membedakan hanyalah opsi Impor yang harus Anda pilih.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here