Cara Cek HP Samsung Asli atau Palsu (Akurat)

Total
0
Shares
Cara cek hp samsung asli atau palsu

Samsung adalah salah satu perusahaan telepon terbesar saat ini, tidak hanya memiliki banyak fitur luar biasa tetapi juga penampilan produknya yang sangat menarik, yang juga menjadi alasan mengapa ponsel Samsung mendapat banyak perhatian dari pengguna. Namun sebagian dari pengguna banyak tidak mengetahui cara yang tepat untuk mengecek keaslian ponsel mereka. Cara cek hp samsung asli atau palsu sebenarnya sangatlah mudah.

Biasanya, sebelum membeli ponsel Samsung, kita semua melihat penampilan, konfigurasi Android, dll. Namun, itu tidak cukup untuk memastikan kamu membeli ponsel Samsung yang asli atau palsu. Pengguna perlu mengetahui cara menguji ponsel Samsung asli saat membeli dengan setiap pengoperasian sesuai dengan petunjuk berikut.

Kami sudah mengumpulkan beberapa data dan cara yang tepat untuk mengetahui hp Samsung yang asli atau palsu, jadi untuk kamu yang pengguna hp samsung silakan di simak.

Cara Cek HP Samsung Asli Atau Palsu yang Akurat

Periksa nomor IMEI

Cara cek imei hp samsung

Pertama-tama, kamu perlu memeriksa nomor IMEI di badan, kasing, di telepon. Jika 3 angka ini cocok, maka dapat dipastikan bahwa ponsel masih dalam kotak aslinya dan belum diganti. Ikuti langkah-langkah di bawah ini untuk memeriksa nomor IMEI ponsel Samsung kamu dengan benar:

Langkah 1 : Periksa nomor IMEI pada fisik ponsel.

Dengan ponsel monolitik, nomor IMEI akan dicetak tepat di bagian belakang ponsel.

Dengan ponsel dengan desain baterai yang dapat dilepas, Anda dapat membuka penutup baterai dan akan terlihat nomor IMEI pada stiker di atasnya.

Catatan kecil, hanya ponsel dengan 2 sim yang akan memiliki 2 nomor IMEI, jadi kamu harus memilih nomor IMEI pertama untuk menjadi patokan pembandingannya.

Langkah 2 : Periksa Nomor IMEI pada kotak.

Telepon asli akan memiliki nomor IMEI yang tercetak di kotaknya. Anda perlu melihat dengan cermat untuk melihat apakah kotak HP Samsung mu memiliki nomor IMEI perangkat.

Langkah 3 : Periksa nomor IMEI dengan dial telepon.

Untuk cek IMEI di hp kamu, buka dial pad dan masukkan dial *#06#.

Setelah menekan dial, kamu akan melihat apakah IMEI pada mesin itu masih utuh, dan kamu dapat memastikan kesamaan IMEI pada kotak ataupun pada bodi ponsel.

Setelah mendapatkan nomor IMEI, selanjutnya kunjungi website https://imei.kemenperin.go.id/ untuk mengecek apakah IMEI ponsel terdaftar.

Cara cek imei asli

Menurut informasi, Mulai 15 September 2020 pukul 22.00 WIB aturan IMEI sudah berlaku penuh. Semua ponsel yang tak terdaftar di database Kemenperin akan diblokir. maka tidak bisa dipakai untuk berkomunikasi.

Apa gunanya punya ponsel namun tidak bisa digunakan apa-apa, jadi segera cek apakah IMEI ponsel terdafrar.

Periksa garansi ponsel Samsung

1. Periksa garansi melalui SMS

Sangat nyaman karena Samsung sekarang memiliki fitur garansi elektronik, yang berarti bahwa ketika kamu membeli ponsel Samsung baru, ketika kamu memasukkan sim ke dalam ponsel, perangkat akan secara otomatis mengirim pesan untuk mengaktifkan garansi, dan setelah sekitar 20 menit. hingga sekitar 1 jam, akan ada pesan yang dikirim untuk memberitahukan aktivasi e-warranty berhasil.

Untuk memeriksa ponsel Samsung asli melalui pesan teks, ambil nomor IMEI yang Anda miliki pada langkah di atas dan buat pesan dengan teks: 15 nomor IMEI kirim ke 6060 (biaya pesan adalah 500 VND). Tunggu beberapa saat, Samsung akan membalas pesan kamu dan menginformasikan bahwa kamu telah bergabung dengan layanan garansi beserta masa garansi perangkat. Maka kamu dapat menyimpulkan ponsel ini asli.

Jika kamu tidak suka SMS, kamu dapat langsung menghubungi switchboard bebas pulsa Samsung di 18005888889 atau membayar biaya 0838 213 213, kemudian memberikan informasi 15 nomor IMEI untuk diperiksa.

2. Periksa garansi menggunakan aplikasi Samsung Gifts

Kamu akan menemukan aplikasi Samsung Gifts yang sudah terinstal di perangkat, atau kamu juga dapat menginstalnya dengan mengikuti tautan di bawah ini.

Download aplikasi Samsung Gifts

Di antarmuka layar pembuka dan perkenalkan fitur untuk masuk ke layar utama, klik Layanan Galaxy > Cari informasi garansi .

Saat ini, layar akan menampilkan informasi garansi perangkat beserta nomor IMEI/Serial.

Anda harus memasukkan nomor IMEI untuk mencari informasi garansi perangkat Samsung asli atau tidak.

Periksa ponsel Samsung asli dengan Kode

Saat ini, beberapa saluran telepon memiliki kode tetap untuk membedakan yang asli dari yang palsu. Cukup tekan kode ini ke layar panggilan Samsung, jika ada sinyal jawab atau pesan notifikasi, ponsel Anda asli.

*#06# [Menampilkan nomor IMEI].

*#1234# [Menampilkan informasi perangkat keras].

*#0*# [Mode uji umum].

*#*#197328640#*#* [Mode Samsung Service].

*#*#4636#*#* [Mode Analisis].

*#0289# [Pemeriksaan suara].

*#0589# [Cek lampu].

*#0673# [Pemeriksa Audio].

*#0782# [Tampilan waktu].

*#0842# [Cek mode getar].

*#0228# [Samsung ADC Reading]

*#*#1472365#*#* [Cek GPS].

*#0283# [Kontrol Putar Balik Audio].

Periksa Samsung asli dengan Samsung Kies

Sama seperti halnya Iphone dan Xiaomi, Samsung juga memiliki tools untuk mendeteksi perangkat mereka di komputer.

Jika beberapa cara diatas masih sulit untuk mendeteksi keaslian ponsel Samsung kamu. Biarkan Samsung Kies melakukannya.

Kamu install Samsung Kies lalu samsungkan ponsel dengan kabel USB.

Jika terdeteksi, itu artinya perangkat tersebut asli.

Namun jika sebaliknya, maka perangkat tersebut palsu.

Cek Kualitas Kamera

Selain terkenal dengan fitur-fitur nya yang canggih. Salah satu daya tarik Samsung yang membuat menarik adalah kualitas kameranya yang sangat bagus.

Di dalam ruangan yang minim cahaya sekalipun, hasil jepretan ponsel Samsung masih masih menampilkan detail yang jelas.

HP Samsung palsu biasanya kameranya tidak sebagus yang asli. Jadi kualitas hasil jepretan lensa akan tampak buram dan kurang fokus.

Jadi kamu harus memeriksa kualitas kamera secara detail, mulai dari warna, ketajaman, kecerahan.

Cek Spesifikasi Ponsel

Kamu harus benar-benar reliti dalam mengecek keaslian hp Samsung mulai dari spesifikasi dan tipenya..

Caranya cek spesifikasi masuk ke:

  • Setting => About Device

Setelah mendapatkan spesifikasi ponsel, segera buka website resmi Samsung itu.

Cocokkan informasi spesifikasi seperti kapasitas RAM, kapasitas baterai, prosesor dan layar melalui situs resmi Samsung.

Catatan saat membeli ponsel Samsung bekas

Saat membeli Samsung bekas, Anda perlu memeriksa kondisi perangkat:

Periksa kondisi layar, kecerahan dan kontras layar. Anda juga dapat menggunakan aplikasi TestM atau CPU-Z untuk menguji.

Periksa apakah penutup dari layar terbuka.

Periksa tombol, jika ada jarak yang tidak normal antara tombol, Anda perlu memeriksa mesin.

Selanjutnya, Anda dapat menggunakan perangkat di tempat pembelian untuk memeriksa, termasuk memeriksa kamera untuk melihat bagaimana kualitas gambar, membuka beberapa aplikasi sekaligus untuk melihat cara kerja ponsel apakah masih normal atau tidak.

Akhir kata :

Sekian beberapa tips cara cek hp Samsung asli atau palsu lengkap yang dapat kamu coba satu-persatu. Semoga artikel ini membantu.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You May Also Like