Cara Melakukan Reset Ulang atau Factory Reset Android

Melakukan Reset Ulang/Factory Reset Android sama dengan mengembalikan pengaturan awal hp ke setelan pabrik, jadi semua data yang terdapat pada android akan terhapus setelah melakukan factory reset. Berbagai cara melakukan factory reset ini melalui menu pengaturan, dan ada pun yang melalui recovery mode, pada kesempatan kali ini trikandroid.net akan berbagi cara melakukan factory reset/reset ulang android.

Melakukan Factory Reset Android merupakan solusi jitu untuk memperbaiki kerusakan pada android, perangkat lunak, atau sistem android. beragam alasan para pengguna melakukan reset ulang ini misalnya hp android yang error karena terinfeksi virus, kesalahan pada sistem file yang mengakibatkan hang atau boot loop, hp android yang suka restart sendiri. Dengan melakukan Factory reset maka masalah android tersebut akan segera teratasi jika tidak terjadi kerusakan yang tidak fatal pada hardware android.

Disarankan untuk Membackup data dan aplikasi pada android terlebih dahulu sebelum melakukan factory reset dikarenakan semua data yang terdapat pada aplikasi yang terinstall di android akan terhapus seperti foto, video, kontak, file dan lain sebagainya. Jika kalian mengalami masalah kerusakan atau error pada android berikut langkah-langkah melakukan factory reset android.

Cara Melakukan Reset Ulang atau Factory Reset Android

Lakukan Backup data penting yang terdapat pada android sobat sebelum melakukan factory reset ini. jika smartphone dalam kondisi bootloop maka sangat disayangkan kamu harus merelakan sebuah data dan file tersebut hilang pada memori internal android.

Cara Reset Ulang atau Factory Reset Melalui Pengaturan Android :

• Buka “Pengaturan / Setelan” pada HP Android.
• Pilih Menu “Setelan Tambahan”.
• Kemudian masuk ke menu “Cadangkan & Setel Ulang”.
• Pilih “Kembalikan ke setelan pabrik”.
• Lalu centang yang benar dan pilih Setel ulang perangkat .
• Tunggu proses hingga 1-5 menit proses reset ulang hingga selesai.
• Setelah proses reset ulang selesai, maka android kamu akan restart secara otomatis.

Cara Reset Ulang Android

Jika cara di atas mereset ulang dari pengaturan android tidak bisa di akses atau kondisi hp android dalam keadaan bootloop lakukan dengan melalui Recovery Mode.

Reset Ulang atau Factory Reset Melalui Recovery Mode Android :

• Pastikan Baterai Android terisi penuh atau setengah dan tidak dalam kondisi baterai lemah.
• Matikan Smartphone Android atau pastikan kondisi android dalam keadaan mati.
• Untuk Masuk Ke menu Recovery Mode tekan dan tahan tombol Volume Up (+) dan tombol Power secara bergantian beberapa detik hingga logo android muncul lalu lepaskan.
• Akan terdapat pilihan lalu pilih Recovery, maka android akan restart secara otomatis. jika terdapat pilihan bahasa maka pilih Bahasa Inggris.
• Jika sudah masuk Recovery Mode gunakan tombol Volume Up (+) dan Volume Down (+) unutk memilih pilihan Wipe & Reset dan tekan tombol Power untuk memilih atau ok.
• Tunggu proses reset ulang android hanya beberapa menit. Setelah berhasil, pilih Reboot > Reboot system.
• Setelah hp android restart maka sudah dipastikan Fastory Reset Android berhasil dan hp android akan seperti pertama kali kamu membeli smartphone android.

Perlu kalian ketahui tombol kombinasi untuk masuk ke menu Recovery Mode berbeda-beda, tergantung merk dan tipe hp android yang kamu gunakan seperti Oppo, Asus, Xiaomi, Lenovo, Nokia, Samsung, dan lain sebagainya. Untuk itu jika kalian mengalami susah mengakses Menu Recovery silahkan cari di google cara masuk menu recovery sesuai dengan tipe android kalian masing-masing.

Tambahkan Komentar