Cara Mengetahui HP Android yang Terkena Virus

Cara Mengetahui HP Android yang Terkena Virus – Jika Anda hanya mengunduh aplikasi dari toko resmi seperti Google Play Store atau App Store dan berhati-hati dengan file yang Anda buka (biasanya melalui email), kemungkinan ponsel Anda aman dan bebas virus. Namun, virus dan hal-hal berbahaya lainnya dapat memengaruhi ponsel cerdas dan tablet, jadi periksalah perangkat Anda untuk mengetahui secara pasti apakah perangkat terinfeksi virus.

Apakah bisa ponsel Android terinfeksi virus?

Jawabannya iya. Ponsel dapat terinfeksi virus dengan cara yang sama seperti komputer, dengan kode yang dikirim melalui aplikasi, email, atau bahkan pesan teks.

Apa penyebab HP Android terinfeksi virus?

Cara paling umum yang membuat ponsel Anda terinfeksi virus dan masalah lainnya adalah sering sekali melalui aplikasi, lampiran email, pesan teks, dan bahkan situs web jahat.

Kenali Jenis Virus apa yang menginfeksi Andorid?

Selain membatasi fungsionalitas pada ponsel Anda, virus dapat menyebabkan kerusakan yang lebih serius pada hidup Anda dengan menghapus data, mengumpulkan informasi pribadi, atau melakukan pembelian yang tidak sah.

  • Adware : Membuat iklan dengan tautan ke situs web atau aplikasi yang dapat menyebabkan kerusakan atau pelanggaran keamanan
  • Malware : Menyalahgunakan beberapa fungsi ponsel untuk mencuri informasi pribadi, mengirim pesan teks, atau melakukan tindakan meragukan lainnya.
  • Ransomware : Mengunci file atau aplikasi, lalu meminta tebusan dari pengguna untuk membukanya.
  • Spyware : Melacak aktivitas pengguna di telepon untuk tujuan jahat.
  • Trojan Horse : Menempelkan dirinya ke aplikasi yang sah, kemudian mengganggu kinerja ponsel.

Cara mengetahui Ponsel Android terkena virus?

Berikut beberapa tanda yang harus diperhatikan:

  • Ada aplikasi yang belum pernah Anda download di ponsel Anda muncul.
  • Ponsel Anda sering mogok.
  • Baterai habis lebih cepat dari biasanya .
  • Anda mendapatkan lebih banyak iklan pop-up dari biasanya.
  • Penggunaan data meningkat tanpa alasan yang jelas.
  • Anda akan dikenakan biaya SMS tambahan pada tagihan.

Bagaimana cara mencegah virus di Android?

Mengetahui HP Android yang Terkena Virus

Ada banyak hal yang dapat Anda lakukan untuk mencegah ponsel Android Anda terinfeksi virus.

  • Unduh dan instal aplikasi antivirus terkemuka untuk ponsel Anda. Selain itu, selalu setuju untuk memperbarui sistem operasi.
  • Gunakan hanya aplikasi yang disetujui dari Google Play untuk perangkat Android dan App Store untuk perangkat iOS.
  • Berhati-hatilah dengan lampiran dan buka hanya dari sumber tepercaya (lakukan hal yang sama untuk tautan yang disematkan). Terakhir, berhati-hatilah dengan email yang terlihat seolah-olah berasal dari perusahaan tempat Anda bekerja.
  • Banyak scammer mengirimkan email palsu yang seolah-olah berasal dari perusahaan yang sah. Email phishing sering kali memiliki tanda identifikasi seperti alamat email yang sedikit salah, tata bahasa yang buruk dan meminta Anda untuk memperbarui informasi kartu kredit Anda, dll.
  • Tetap waspada terhadap pesan teks dan jejaring sosial, serta iklan.

Virus di IOS

“iPhone tidak dapat terinfeksi” salah. Semua perangkat iOS dapat dianggap sebagai komputer, dan komputer mana pun dapat terinfeksi virus.

Mengetahui HP Android yang Terkena Virus

Namun, jika Anda belum melakukan jailbreak pada perangkat iOS Anda, kemungkinan Anda terinfeksi virus sangat rendah. Jika Anda mencari di App Store, Anda tidak akan menemukan aplikasi apa pun yang berjudul Anti-Virus (selain 1 atau 2 game). IOS Apple dirancang agar aplikasi A tidak dapat mengganggu ruang tempat aplikasi B aktif, dan itu berlaku untuk seluruh sistem operasi.

Namun, perhatikan hak istimewa yang dibutuhkan aplikasi. Misalnya, sebagian besar game tidak memerlukan akses ke foto, kamera, atau mikrofon Anda.

Bagaimana cara menghapus virus, malware dari perangkat Android?

Mengetahui HP Android yang Terkena Virus

Jika perangkat Android Anda memiliki virus atau memiliki aplikasi berbahaya, lebih baik untuk menghapus virus, aplikasi ini secepat mungkin.

Untuk menghapus virus atau aplikasi berbahaya dari perangkat Android Anda, ikuti langkah-langkah di bawah ini:

Tugas pertama yang perlu Anda lakukan adalah mengalihkan gadget ke mode pesawat untuk mencegah virus mengirim informasi lain. Untuk melakukan ini, tekan dan tahan tombol Daya hingga menu boot muncul di layar, Anda memilih mode Pesawat. Atau geser ke bawah dari atas untuk membuka notifikasi dan pilih mode pesawat di sini.

Langkah selanjutnya adalah menghapus aplikasi “pelakunya”. Untuk melakukan ini, buka Pengaturan => Aplikasi . Temukan aplikasi, klik aplikasi tersebut, lalu pilih Hapus instalan.

Jika Anda tidak dapat menghapus aplikasi sepenuhnya atau Anda merasa gadget tidak dapat diandalkan, opsi terakhir Anda adalah melakukan Factory Reset perangkat Android Anda.

Pindahkan brankas foto Anda dan data penting lainnya di perangkat Anda yang belum disimpan di cloud ke drive USB atau unggah ke Dropbox. Lalu pergi ke Pengaturan => Cadangkan dan setel ulang .

Pastikan bahwa data aplikasi, kata sandi, dan pengaturan Anda disiapkan untuk dicadangkan ke layanan Google. Setelah mengonfirmasi cadangan, pilih opsi Reset data pabrik.

Setelah proses reset selesai, masuk ke akun Google Anda untuk memulihkan data Anda. Anda sekarang dapat mengunduh dan menginstal ulang aplikasi penting Anda, dan memindahkan arsip foto dan data penting Anda ke dalam gadget.

Setelah Anda menghapus aplikasi berbahaya, untuk lebih yakin, buka Pengaturan => Keamanan dan hapus centang pada opsi Sumber Tidak Diketahui untuk menjaga perangkat Anda aman dan jauh dari aplikasi berbahaya.

Dengan Cara Mengetahui HP Android yang Terkena Virus di atas Anda bisa dengan mudah mengenali dan membuat tindakan yang tepat unuk ponsel kesayangan Anda.

Post Terkait :

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *