8 Trik Mengatasi Baterai Android yang Boros

Berbagai kendala baterai android yang cepat habis atau boros yang selalu menjadi kendala bagi para pengguna android. Ada banyak faktor-faktor yang membuat baterai ponsel android anda cepat habis mulai dari kecerahan layar yang terlalu terang, sinyal android yang tidak stabil, terlalu banyaknya aplikasi yang berjalan di latar belakang, kesalahan pada saat charger ponsel yang menyebabkan baterai android boros, dan masih banyak lainnya. pada kesempatan kali ini trikandroid.net akan berbagi sebuah tips sederhana mengatasi baterai android yang boros.

Pada saat kamu berpergian tentu saja yang kamu harapkan adalah baterai android yang sangat irit dan tidak cepat habis yang bisa bertahan dalam kondisi apapun, tapi diluar dugaan tidak sampai 24jam baterai ponsel android kamu sudah habis tentu saja hal ini akan menjengkelkan. berikut di bawah ini adalah solusi yang mengalami masalah pada baterai dan cara mengatasi baterai android anda yang boros.

Cara Mengatasi Baterai Android yang Boros :

1. Periksa Aplikasi yang Banyak memakan daya Baterai Android

Buka menu Pengaturan> Baterai untuk melihat rincian apa yang mengonsumsi baterai ponsel Anda. Aplikasi dan fitur akan ditampilkan dalam daftar menurun. Jika Anda melihat aplikasi yang jarang digunakan atau fitur yang tidak pernah Anda gunakan tetapi memakan daya tahan baterai Anda sebaiknya Anda menghapus aplikasi atau mematikan apikasi yang tidak berguna pada ponsel android anda.

2. Matikan radio perangkat keras yang tidak perlu

Sangat bagus bahwa ponsel saat ini memiliki LTE, NFC, GPS, Wi-Fi, dan Bluetooth, tetapi apakah Anda benar-benar membutuhkan semua fitur yang diaktifkan tersebut hingga 24 jam? Android membuat aplikasi berbasis lokasi atau sering disebut GPS akan berjalan tetap berada di latar belakang, dan akan menguras baterai Anda secara cepat bila fiur tersebut aktif. Jika ponsel Anda memiliki widget kontrol daya, Anda dapat menggunakannya untuk mengaktifkan / menonaktifkan Fitur GPS, NFC, Wi-Fi, Bluetooth, dan LTE yang tidak kamu gunakan.

3. Gunakan Mode Hemat Daya Ekstra

seperti pada smartphone Galaxy S5 dan HTC One (M8) yang memiliki fitur mode Ultra Power Saving dan Extreme Power Saving, yang membatasi telepon untuk mengirim pesan teks, panggilan telepon, penelusuran Web, dan Facebook. Ini dapat memeras jam tambahan atau bahkan satu hari waktu siaga hanya dari beberapa persen persentase baterai yang tersisa.

4. Menghentikan Aplikasi Yang Berjalan di Latar Belakang

Buka Pengaturan> Aplikasi, geser ke kiri; Anda akan melihat daftar aplikasi yang sedang berjalan. Pilih aplikasi yang tidak anda gunakan yang berjalan pada latar belakang. Anda dapat menghentikan aplikasi yang tidak penting atau tidak anda digunakan yang berjalan di latar belakang agar menghemat baterai android.

5. Jangan Gunakan Wallpaper Live

Tanpa kamu sadari Wallpaper Live/hidup pada layar utama anda akan sangat menguras baterai kamu. Ini berlaku juga untuk widget yang memperbarui secara otomatis pada layar utama ponsel adroid. Gunakanlah wallpaper yang sederhana yang tidak begitu berat pada android dan mengurangi penggunaan widget pada layar home android.

6. Kurangi Kecerahan Layar dan matikan Kecerahan Otomatis

Mengatasi baterai android yang boros dengan mengurangi kecerahan layar android, Mungkin sudah jelas pada tahapan ini, jika kamu menggunakan layar handphone yang terang maka akan menguras baterai anda dengan cepat. sebaiknya anda kurangi kecerahan layar pada ponsel android anda jika benar-benar tidak diperlukan.

7. Perbarui Aplikasi

Memperbarui aplikasi agar menghemat daya tahan baterai android. Pastikan anda perbarui aplikasi secara rutin aplikasi-aplikasi penting yang minta diperbarui, jika Anda mensetting android kalian untuk pembaruan otomatis, beberapa aplikasi android masih akan meminta izin untuk menginstal pembaruan secara manual. ada baiknya anda memperbarui aplikasi secara manual dan mematikan perbarui otomatis aplikasi di android. Pembaruan aplikasi di Google Play dengan menekan tombol menu dan membuka Aplikasi Saya.

8. Periksa Kekuatan Sinyal

Jika Anda berada di area dengan jangkauan seluler yang buruk, ponsel akan bekerja lebih keras untuk mengunci sinyal yang cukup kuat. Ini memiliki efek buruk pada daya tahan baterai android anda. Tidak banyak yang bisa Anda lakukan pada masalah ini, tetapi perlu diingat bahwa ini bisa menjadi penyebab baterai android anda yang cepat habis, sebaiknya jika kamu berada pada lokasi sinyal yang kurang bagus kamu aktifkan mode pesawat agar bisa menghemat pemakaian baterai android jika dirasa sinyal sudah bagus maka kamu nonaktifkan kembali mode pesawat tersebut.
Demikianmasalah-masalah yang menyebabkan baterai android cepat habis, jika baterai android anda boros segera atasi masalah tersebut dengan tips di atas sebelum terjadi kerusakan fatal pada baterai android. jika kerusakan sudah terjadi pada fisik baterai android maka mau tidak mau anda harus siapkan dana untuk membeli baterai android yang baru agar android bekerja maksimal kembali.

Tambahkan Komentar