Solusi Mengatasi Rotasi Layar Android Bermasalah

  • 2 min read
  • Jan 20, 2021

Solusi Mengatasi Rotasi Layar Android Bermasalah – Fitur rotasi layar memungkinkan layar pada perangkat berputar secara otomatis atau horizontal sesuka hati, memberikan pengalaman yang lebih fleksibel. Ini berfungsi berkat sensor kecil yang terpasang di perangkat, dan dapat dinyalakan atau dimatikan sesuai keinginan Anda.

Meski masalah fitur rotasi layar pada smartphone Android sangat jarang, namun terkadang error masih saja terjadi. Jadi bagaimana jika Anda tidak dapat memutar layar di Android? Berikut beberapa tindakan yang dapat Anda lakukan untuk mengatasi masalah tersebut.

Penyebab Rotasi Layar Android Tidak Berfungsi atau Bermasalah

Salah satu masalah berikut dapat menyebabkan masalah rotasi layar ponsel , termasuk:

  • Opsi rotasi layar otomatis dinonaktifkan atau tidak aktif.
  • Ada aplikasi yang mengganggu fitur rotasi layar otomatis.
  • Anda menyentuh layar sambil memutar.
  • Perangkat Android Anda perlu diperbarui.
  • Kesalahan sistem operasi, tidak dapat mengontrol sensor rotasi.
  • Sensor G atau sensor akselerometer rusak.

 

Cara Mengatasi Rotasi Layar Android yang Bermasalah

Anda dapat mencoba memperbaiki masalah dengan melakukan hal berikut:

1. Periksa apakah rotasi layar otomatis perangkat dimatikan dengan menggesek ke bawah dari bilah status. Anda menemukan tombol rotasi layar otomatis dan menyalakannya. Tentu saja interface bar notifikasi masing-masing brand juga akan berbeda, namun pada dasarnya pengoperasiannya serupa.

2. Jangan sentuh layar saat memutar perangkat. Ingat, ponsel Android Anda memiliki layar sentuh. Menjaga jari Anda di layar saat memutar ponsel akan mencegah pemutaran otomatis berfungsi. Ini adalah kesalahan kecil tetapi cukup umum dan terkadang orang tidak menyadarinya.

3. Mulai ulang ponsel Android . Memulai ulang ponsel Anda akan mengosongkan memori sistem. Ini adalah operasi sederhana tetapi terkadang dapat menyelesaikan banyak masalah aneh pada perangkat. Misalnya, layar Android tidak berputar, perangkat lambat, tersentak-sentak, lamban, atau bahkan layarnya macet.

4. Perbarui perangkat lunak sistem. Pembaruan sistem operasi baru sering kali disertai dengan perbaikan bug serta memperbaiki serangkaian masalah pada sistem. Jika ada virus atau malware baru yang mengganggu rotasi layar otomatis, pembaruan terbaru mungkin menyertakan perbaikan yang membantu menyelesaikan masalah.

Tidak dikecualikan bahwa perangkat Anda mengalami kesalahan sistem operasi. Dalam hal ini, menginstal ulang Rom akan menjadi solusi optimal.

5. Kalibrasi sensor pada perangkat. Ini melibatkan memindahkan ponsel Anda dalam gerakan kedelapan. Melakukannya akan menyebabkan akselerometer dan G-sensor pada perangkat mengatur ulang pengaturannya ke default, yang dapat membantu ponsel merespons rotasi dengan lebih baik saat Anda ingin memutar layar.

6. Hapus instalasi beberapa aplikasi yang baru diinstal. Jika masalah terjadi setelah Anda menginstal beberapa aplikasi baru di perangkat Anda, kemungkinan besar salah satu aplikasi ini menyebabkan konflik perangkat lunak dengan fitur putar otomatis Android. Copot pemasangan setiap aplikasi untuk mencari tahu penyebab pastinya.

7. Jika Anda sudah mencoba semua cara di atas dan masih tidak berhasil, kemungkinan besar masalah perangkat kerasnya. Dalam hal ini, tidak ada cara lain yang mengharuskan Anda membawa peralatan untuk diperiksa dan diperbaiki di tempat yang memiliki reputasi baik.

Post Terkait :

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *