Trik Menghapus & Mencegah Virus Android

Android adalah sistem operasi paling populer untuk smartphone dan tablet di seluruh dunia dengan lebih dari 85% basis pelanggan. Meskipun OS yang aman, mencegah virus di Android selalu menjadi perhatian. Para ahli menuduh bahwa virus Android sangat jarang. Namun, Sumber utama dari virus Android adalah aplikasi yang berbahaya. Untuk mengamankan ponsel Anda, gunakan aplikasi resmi dari Google Play Store. Namun, meskipun telah mengambil semua tindakan pencegahan, jika ponsel Android Anda masih terinfeksi malware, Anda dapat menjalankannya dalam Mode Aman.

Dari mana Datangnya Virus Android?

Sumber utama virus Android adalah dari aplikasi. Ini menyiratkan ke semua virus yang mempengaruhi perangkat Android di masa lalu seperti Trojan Hantu, Gunpoder , Godless, dan Googlian. Mazar, di sisi lain, adalah virus yang menyelinap masuk melalui pesan teks yang mendorong pengguna untuk mengunduh browser Tor yang terinfeksi.

Malware botnet FalseGuide adalah virus Android yang memasuki perangkat melalui aplikasi ilegal untuk FIFA dan Pokemon Go. Setelah Anda menginstalnya, itu berubah menjadi botnet diam yang biasa digunakan sebagai adware.

Menurut Checkpoint, virus seperti itu melewati pertahanan Google karena perilaku jahat mereka. Pengguna, bagaimanapun, harus curiga ketika mereka menerima permintaan untuk izin admin, yang tidak diperlukan untuk aplikasi. Setelah Anda mengizinkan aplikasi, Anda tidak dapat menghapusnya. Mungkin ada berbagai tujuan aplikasi Android – beberapa dirancang untuk menjalankan proses jahat, mencuri data pribadi, dan mengunduh perangkat lunak yang cerdik. Berikut ini adalah sebuah langkah-langkah untuk menghapus dan mencegah virus di android anda.

4 Cara Ampun Menghapus dan Mencegah Virus di Android dan Tablet :

Cara Pertama : Boot Ulang Ponsel / Tablet dalam Mode Aman

Untuk menghapus virus atau malware dari perangkat Android Anda, cobalah untuk mem-boot perangkat dalam Mode Aman. Ketika dibuka dalam Mode Aman, hanya aplikasi default yang ada saat aplikasi yang diunduh tidak terlihat.

Langkah-langkah untuk Versi Android 4.4

  • Matikan perangkat Android.
  • Sekarang aktifkan dengan menekan dan menahan tombol volume turun (-).
  • Perangkat Anda terbuka dalam Mode Aman (logo transparan muncul di layar)

Langkah-langkah untuk Android 5.0 dan di atasnya

  • Tekan lama tombol daya untuk mematikan perangkat.
  • Tekan matikan.
  • Akan ada opsi untuk melakukan reboot dalam Safe Mode.
  • Ketuk OK dan masukkan Mode Aman.

Saat berada dalam Mode Aman, periksa fungsi perangkat. Jika perangkat Anda bekerja dengan sempurna, Anda harus menyalakan ulang perangkat. Aktifkan perangkat dalam mode normal dan hapus aplikasi pihak ketiga yang mencurigakan.

Cara kedua : Hapus Izin Administrator dan Akses untuk Menghapus Aplikasi Berbahaya

Sering terjadi bahwa tanpa sadar Anda memberikan izin administrator ke aplikasi berbahaya. Aplikasi tersebut mulai mengganggu fungsi normal perangkat. Selain itu, Anda tidak dapat menghapus aplikasi sampai Anda berhasil mencabut akses administratif tersebut.

Langkah-langkah mencabut izin akses administratif Android

  • Buka pengaturan.
  • Pilih opsi ‘Keamanan’.
  • Cari ‘Administrator Perangkat’.
  • Jika Anda melihat aplikasi berbahaya memiliki akses, Anda harus segera ‘Menonaktifkan’
  • Copot pemasangan aplikasinya

Setelah Anda berhasil mencabut akses administrator, Anda dapat menghapus aplikasi dan menghapus virus sepenuhnya dari perangkat Anda. Reboot Smartphone setelah menghapus aplikasi.

Cara Ketiga : Gunakan Aplikasi Antivirus untuk Memindai Aplikasi Berbahaya dan File Rusak

Android memiliki kebijakan sumber terbuka yang membuatnya rentan terhadap manipulator. Ada banyak sekali aplikasi antivirus di Google Play Store, yang dapat Anda gunakan untuk alasan keamanan. Namun, tidak ada antivirus yang memberikan keamanan 100%. Untuk penghapusan virus yang terjamin di Android, gunakan aplikasi antivirus yang menyediakan perlindungan virus dan web, fitur kunci aplikasi, dan perlindungan aplikasi waktu nyata. Anda juga dapat menghapus malware dan Trojans menggunakan aplikasi antivirus paling efisien seperti CM Security dan Avast.

Menggunakan Antivirus dapat menemukan virus di ponsel atau tablet Anda dan menghapusnya, aplikasi antivirus ini hanya 90% tepercaya dan Anda harus memperbarui basis data antivirus Anda secara berkala, yang diberikan di bawah ini adalah beberapa perangkat lunak antivirus terbaik di Play store Android.

Cara Keempat : Factory Reset Ponsel atau Tablet

Saran terbaik admin untuk kalian yakni melakukan reset pabrik, Cadangkan saja kontak Anda dan beberapa file penting ke beberapa area aman atau ke PC Anda dan kemudian lakukan reset dan kemudian kembalikan kontak dan file Anda yang sudah dicadangkan tadi.

Bagaimana Cara Menghindari Malware dan Virus di Android?

Tips Mencegah/Menghindari Virus di Android :

  • Jangan menginstal aplikasi dari sumber lain yang tidak terpercaya. Unduhb aplikasi hanya dari Google Play Store. Bahkan, Anda harus memastikan bahwa file dan aplikasi dari sumber lain tidak dapat diunduh di perangkat Anda. Buka Pengaturan> Keamanan> Opsi Sumber Tidak Dikenal> Nonaktifkan.
  • Meskipun 99% aplikasi Google aman, kode jahat sering disembunyikan di dalam aplikasi. Anda harus menghindari mengunduh aplikasi kloning dari sumber dan pengembang yang tidak dikenal.
  • Terlepas dari sumber aplikasi, pastikan Anda memeriksa izin aplikasi sebelum memasangnya. Jangan pernah mengizinkan izin admin aplikasi yang mencegah penghapusan aplikasi.
  • Selalu pastikan bahwa OS Android Anda diperbarui ke versi terbaru. Periksa pembaruan secara rutin sehingga definisi virus dan masalah teknis lainnya diperbarui dan diperbaiki tepat waktu.
  • Pasang antivirus Android untuk penghapusan virus di Android. Meskipun tidak wajib, itu memberi Anda ketenangan pikiran yang sangat dibutuhkan.
  • Bersihkan Folder Sampah perangkat Anda secara teratur, termasuk cache. Sementara sebagian besar ponsel Android memiliki aplikasi yang telah dipasang sebelumnya untuk membersihkan sistem.

Mungkin begitu saja sebuah Tips Menghapus & Mencegah Virus di Android. Sayangnya, tidak ada langkah-langkah yang membantu penghapusan virus secara tuntas di Android. Hanya Reset Pabrik yang akan menghapus semua malware di perangkat. Tentu saja, itu berarti Anda akan kehilangan semua data berharga Anda, termasuk kontak, email, foto, video, dll.

Tambahkan Komentar